Tuesday, December 8, 2009

i'm not plastic bag user

baru sadar

tanggal enam desember kemarin,,,, pulang dari meeting mig33jak di poins square lebak bulus....
dengan menggunakan sepeda motor,,,,(motor siiih),,,, gua keujanan dan akhirnya berteduh di halte bus fatmawati (halte kadang2 jadi tempat "menunggu" hujan selain menjadi tempat menunggu bus)... ini menuju cibubur lohh,,,

lumayan lama waktu yang terbuang di halte tersebut,,,kalo seandainya gua ga bawa leptop, mungkin udah bablas kali walau diguyur hujan,,,,ahhahahaa

udah lama....hujan habis,,,,,langsung mau tancap gas melanjutkan perjalanan ke cibubur,,,tapi ada yang gua cari dulu,,,kertas buat ganjel kaca helm...soalnya baut helm udah kendor,,,suka turun dan mengganggu pandangan eaz sang pengemudi motor....^^

eh,,,,ga disangka,,,,malah nemu gelang,,,,hahhahha,,,,,,nihh gelang nyaa,,, :D




kata2 yang terkandung di dalamnya ga pernah langsung gua pikirin,,,,,yang gua pikir,,,,,cuma,,keren aja nih gelang kalo gua pake.....hhihihhhih......niiiihhhhh yoooooOOoo




keren kan,,,,hahaaayy,,,,,makanya,,,dengan segala maaf,,,gua jadiin hak milik,,,^^
dari pada jadi sampah kemudian mencemari lingkungan....:D

Im Not Plastic Bag User....kira kira,,,gua bukan pengguna tas plastik,,,smoga bener,,,:s
langsung malem ini gua brows,,selama ini gua cuma tau,,,kalo kebanyakan make plastik itu ga baikk,,,itu juga gua tau pas gua ke pasar swalayan,,,karna pasar swalayan selalu menawarkan penggunaan kardus kepada pembeli dari pada plastik.....^^
tanpa gua tau apa aja dan mengapa penggunaan plastik tidak memberikan manfaat untuk lingkungan.....huh

penggunaan plastik bukan tanpa keuntungan...seperti fleksibel (dapat mengikuti bentuk produk), transparan (tembus pandang), tidak mudah pecah, bentuk laminasi (dapat dikombinasikan dengan bahan kemasan lain), aneka warna, tidak korosif (berkarat) dan harganya relatif murah.....

dimana ada keuntungan,,,,ada kerugian,,,,berasal dari kelemahan plastik....yaitu tidak tahan panas, dapat mencemari produk akibat migrasi komponen monomer yang akan berakibat buruk terhadap kesehatan konsumen. Selain itu, plastik juga bermasalah untuk lingkungan karena merupakan bahan yang tidak dapat dihancurkan dengan cepat dan alami (non- biodegradable). coba aja liyat di situ

fakta sampah plastik :
  • Diperkirakan 6.4 juta ton sampah masuk ke laut setiap tahunnya di seluruh dunia (disadur dari data National Academy of Sciences)
  • Perkiraan lainnya juga mengatakan sebanyak 8 juta potong sampah masuk ke laut setiap harinya.
  • Lebih dari 80% sampah plastik di seluruh dunia langsung dibuang ke tempat sampah yang akhirnya ke laut tanpa di daur ulang
  • 90% dari seluruh sampah di laut adalah plastik
  • Lebih dari 1 juta binatang laut mati akibat plastik setiap tahunnya
  • Setiap tahun rata-rata orang menghabiskan 700 kantong plastik
  • Supermarket di seluruh dunia memberikan lebih dari 17 milyar kantong plastik setiap tahunnya.
  • Setiap tahun diperlukan 12 juta barel minyak serta 14 juta pohon untuk membuat semua plastik
  • Sampah plastik terbanyak adalah botol dan pembungkus plastik sebanyak 56% dimana 3/4 berasal dari perumahan
  • Orang Amerika menggunakan 2.5 juta botol plastik per jam..
perbandingan waktu daur ulang...

Kaleng Aluminium ………… 300 tahun
Botol Plastik ……… > 100 tahun
Popok Bayi ………… 100 tahun
Baterei ………… 100 tahun
Cangkir plastik …………… 50 – 80 tahun
Puntung rokok …………… 10 – 40 tahun
Kantong Plastik ………… 10 – 20 tahun
Minyak oli …………….. 10 tahun
Kulit Jeruk ………… 6 bulan
Kertas ………… 2 – 5 bulan

bisa di liyat di sini



banyak pakar berbicara tentang solusi...tapi itu bisa di brows sendiri ...:P
gua juga bingung,,,gimana caranya dari diri gua sendiri untuk tidak terlalu banyak menggunakan plastik .,....T,T

diusahakan laah,,,,mulai dari diri sendiri,,,kemudian kerabat,,,seterusnya kepada semua yang cinta lingkungan,,,,^^

plastik oh plastik.....

No comments:

Post a Comment